Harga Sebuah Karya Seni

Mungkin anda menyangka lukisan di samping ini merupakan lukisan yang sangat mahal. tapi lukisan ini bahkan tidak laku sampai 1 juta karena ini adalah lukisan buatan ayah saya yang bukan seniman yang terkenal munkin bisa di bilang seniman jalanan yang membuat demi uang dan tidak berdasarkan idealis.

Lalu apa pebedaan lukisan ini dengan karya semisal Apandi dan Basuki Abdullah dan kenapa orang hanya memmandang lukisan dari siapa yang membuatnya bukan berdasarkan apakah karya itu bagus atau tidak.

Mungkin saya ini awam dan tidak mengerti seni dan tidak mengerti dari maksud dan arti lukisan yang digambarkan dalam karya tersebut. kita sering melihat lukisan yang dimata orang awam seperti gambar buatan anak kecil tapi bisa berharga puluhan juta bahkan sampai miliaran rupiah.

Coba bandingkan lukisan yang di buat oleh seniman jalanan SEBAGAI MANAPUN BAGUSNYA KARYA YANG DI BUAT TETAPI TIDAK BERHARGA SAMA SEKALI. lalu apakah orang-orang yang katanya mengerti seni yang membeli karya seniman kenamaan dengan harga jutaan rupiah ( apakah mereka yang memberi berdasarkan gengsi atau pecinta seni ).

Jujur saja sebenarnya saya lebih memilih karya seni yang di buat di pinggir jalan karena menurut pendapat saya karya mereka maupun karya yang di buat ayah saya tidak jauh beda cuman idealisnya yang berbeda.

Seniman yang di jalanan mereka melukis untuk menghidupi keluarganya mungkin mereka memiliki pamdangan yang berbeda tentang seni.

MUNGKIN ANDA YANG MEMBACA BLOG INI MOHON UNTUK MENGERTI HARGA SEBUAH KARYA SENI JANGAN BERDASARKAN SIAPA YANG MEBUATNYA.

SEBENARNYA INI LEBIH DARI UNGKAPAN HATI DAN KEKESALAN KEPADA ORANG ORANG YANG KATANYA MENERTI SENI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: